Dokumen yang Dibutuhkan Saat Pengurusan Paspor dan Visa

 

WorkingGlobeSalah satu hal penting yang harus diurus sebelum kita studi keluar negeri tentunya adalah dokumen untuk keluar dari Indonesia, yaitu paspor dan visa. Sebelum kita bahas lebih lanjut, kita harus tahu apa itu paspor dan apa itu visa. Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.

Sedangkan visa adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara memberikan seseorang izin untuk masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu. Nah, baik paspor dan visa secara fisik merupakan satu dokumen. Isi dari halaman paspor adalah data diri kita dan visa-visa yang sudah disetujui oleh kedutaan negara tujuan.

Untungnya pengurusan visa dan paspor tidak seribet pendaftaran kuliah keluar negeri. Paling tidak seperti itulah pengalaman saya. Kali ini akan saya bahas tentang dokumen-dokumen apa saja yang diperlukan.

Paspor

Sebelum kita mengurus visa, kita harus memiliki paspor terlebih dahulu. Dokumen-dokumen paspor yang harus disiapkan tidak banyak dan cenderung mudah mengurusnya. Saya tuliskan di bawah ini dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pengurusan paspor:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu Keluarga
  3. Akta Kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis
  4. Surat penetapan ganti nama (kalau pernah ganti nama)
  5. Paspor biasa lama (jika sebelumnya pernah memiliki paspor)

Jika kita membuat paspor baru, sebenarnya kita hanya menyiapkan 3 dokumen (dengan asumsi anda tidak pernah berganti nama), yaitu KTP, Kartu Keluarga, dan Akta kelahiran. Semua dokumen-dokumen tersebut silakan difotokopi atau di-scan (untuk pendaftaran paspor secara online). Khusus untuk poin nomor 3, cukup salah satu dari akta kelahiran, akta perkawinan, ijazah, atau surat baptis yang dilampirkan. Patokannya adalah dokumen tersebut harus memuat nama, tanggal lahir, tempat lahir, dan nama orang tua.

Setelah ketiga dokumen di-fotocopy atau di-scan, anda sudah siap untuk datang ke kantor imigrasi untuk mendaftar dan mulai mengurus paspor. Tetapi, kalau mendaftar secara online, maka jangan lupa untuk membawa “Tanda terima pra permohonan” yang sudah dicetak.

Visa

Dokumen-dokumen yang di bawah ini adalah dokumen yang umumnya diminta oleh kedutaan, bisa jadi ada variasi antar negara. Jadi, silakan diperiksa lagi ke kedutaan negara tujuan masing-masing untuk daftar yang benar-benar lengkap. Langsung saja, berikut dokumen-dokumen yang biasanya diperlukan:

  1. Paspor yang berlaku dan minimal dua halaman kosong
  2. Pas foto 4×6 dua lembar, background putih, full face
  3. Surat sponsor dari universitas tujuan
  4. Bukti keuangan 3 bulan terakhir
  5. Surat Undangan dari universitas tujuan

Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain, untuk pas foto yang dimaksud dengan full face adalah semua bagian wajah anda harus tampak jelas. Kemudian, untuk surat sponsor dan surat undangan dari universitas tujuan fungsinya adalah memastikan bahwa universitas tujuan anda benar-benar ada (harus mencantumkan nama universitas, alamat, contact person, dll) dan memastikan bahwa akomodasi dan biaya hidup anda selama studi sudah disediakan.

Dokumen-dokumen di atas adalah dokumen yang biasanya diminta. Beberapa negara mensyaratkan dilampirkannya semacam kartu mahasiswa, asuransi medis dan mungkin beberapa persyaratan dokumen lain. Sekali lagi, silakan diperiksa kembali sesuai dengan negara tujuan. Jika dokumen anda lengkap seharusnya tidak ada masalah dengan proses pengurusan visa. Selain melengkapi dokumen ini, seperti biasa anda akan diminta mengisi formulir aplikasi visa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s