Mendaftar Tes TOEFL

Mendaftar tes TOEFL merupakan langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengikuti tes TOEFL. Saat ini, tes yang dapat diikuti adalah tes TOEFL IBT, atau tes berbasis internet, dengan pendaftaran berlangsung secara online. Proses pendaftaran dilakukan pada alamat www.ets.org/toefl melalui akun yang terdaftar pada situs ETS. Kali ini saya akan menjelaskan langkah-langkah yang harus dilalui saat mendaftar tes TOEFL sekaligus beberapa tips yang berguna saat mendaftar.

1. Membuat Akun ETS

Setiap peserta yang ingin mengikuti tes TOEFL harus memiliki akun ETS yang juga terhubung dengan jenis tes lainnya yang diadakan ETS (GRE, Praxis, TOEIC, dll). Akun ini gratis, terus ada, dan dapat digunakan untuk mendaftar tes lainnya yang terdapat di ETS. Akun ETS dapat segera aktif dan langsung digunakan untuk mendaftar tes TOEFL IBT.

2. Mendaftar Tes

frontpage toefl

Halaman depan akun TOEFL

Setelah membuat akun, login ke akun dan pilih “Register for a Test”. Pilih “TOEFL Test” dan pelajari “policy agreement” yang berlaku pada tes. Jika seluruh pasalnya telah sesuai, klik “I So Sign and Agree”. Pelajari setiap informasi pada “policy agreement” dan pastikan segala pasal yang disampaikan di dalamnya telah anda pahami.

3. Memilih Jadwal dan Lokasi Tes

toefl register

Memilih jadwal dan lokasi tes TOEFL

Berikutnya, pendaftaran akan menuju halaman untuk memilih jadwal dan lokasi tes TOEFL. Pilih negara dan kota, jadwal tes, serta tempat tes yang sesuai dengan kebutuhan. Halaman akan menampilkan pilihan nama penyelenggara, alamat, dan waktu tes TOEFL IBT. Pilih penyelenggara yang menuju halaman konfirmasi yang menampilkan summary reservasi untuk tes TOEFL. Jika konfirmasi tes telah sesuai, langkah berikutnya adalah mengisi data identifikasi pendaftar (Passpor, KTP, SIM, dll).

Tips:

Pastikan anda telah mengetahui gambaran informasi terkait lokasi tes TOEFL IBT sebelum memilih lokasi tes. Anda dapat mengunjungi tempat tes, mengecek informasi di internet, atau bertanya kepada mereka yang telah tes di lokasi tersebut. Informasi ini penting karena membantu mempertimbangkan pilihan lokasi tes. Bisa saja terdapat masalah tertentu di lokasi tersebut yang mungkin merepotkan seperti: fasilitas yang kurang sesuai, lokasi yang jarang dilalui angkutan umum (jika berangkat menggunakan angkutan umum), tempat yang tersembunyi (terletak di ruko yang berbagi tempat dengan usaha lainnya), dan berbagai masalah lainnya.

Selain itu, pastikan juga anda mengisi data identifikasi sesuai data sebenarnya yang akan anda bawa ketika hari-H (entah itu KTP, SIM, paspor, dll). Kesalahan mengisi data identifikasi dapat menimbulkan masalah ketika tes karena verifikasi peserta dilakukan berdasarkan data tersebut. Jangan sampai anda harus berurusan panjang karena hal ini, apalagi jika sampai tertunda atau gagal mengikuti tes TOEFL IBT.

4. Melaporkan Hasil Tes TOEFL IBT ke Perguruan Tinggi atau Institusi Tujuan

Setelah memilih jadwal tes dan mengisi data identifikasi, pendaftar akan memilih jenis laporan. Laporan yang dikirim dapat berbentuk online dan laporan yang dikirimkan lewat pos. Setelah memilih jenis laporan, pendaftar dapat menentukan institusi yang menjadi tujuan pengiriman hasil tes TOEFL IBT. Pendaftar dapat mengirimkan laporan secara gratis maksimum kepada 4 institusi penerima (di luar laporan yang dikirimkan ke alamat pendaftar). Laporan ini dapat ditujukan kepada perguruan tinggi tujuan kuliah dan institusi pemberi beasiswa.

Anda dapat menambah, menghapus, atau mengganti penerima laporan hasil tes TOEFL IBT paling telat sehari sebelum tes pada jam 10 malam (sesuai waktu tempat tes). Setelah itu, penambahan tujuan institusi penerima hasil tes akan dikenai biaya US$ 25 per institusi. Pengiriman akan diproses 3-5 hari waktu kerja dengan waktu pengiriman sekitar 7-10 hari untuk wilayah Amerika Serikat.

Tips:

Jika anda membutuhkan laporan cetak hasil tes TOEFL IBT resmi dari ETS, pastikan anda menentukan waktu tes sekitar 30 – 40 hari sebelumnya. Dari pengalaman saya, hasil laporan TOEFL IBT baru sampai ke alamat dalam periode tersebut. Selain itu, pastikan juga data alamat yang anda masukkan merupakan alamat mudah diakses oleh petugas pengiriman. Hal ini penting agar laporan hasil tes TOEFL IBT dapat tiba di alamat tanpa masalah.

5. Survei, Value Pack, dan Pembayaran

Pembayaran Tes TOEFL

Konfirmasi pembayaran tes TOEFL

Setelah menyelesaikan pengisian data pengiriman hasil tes TOEFL, pendaftar akan diarahkan menuju halaman survei dan permintaan partisipasi di layanan search service. Setelah mengisi data survei dan search service, pendaftar akan menuju halaman penawaran value pack. Anda dapat memesan produk yang tersedia untuk membantu persiapan tes.

Terakhir, pendaftar akan menuju rincian pembayaran tes TOEFL IBT. Pastikan anda membayar sesuai yang anda butuhkan. Pendaftar dapat menambah atau menghapus jenis layanan sebelum memastikan melakukan pembayaran. Jika informasi pemesanan telah sesuai, pendaftar dapat memastikan pemesanan dan menuju bagian pembayaran. Dengan menyelesaikan urusan pembayaran, maka seluruh urusan pendaftaran tes TOEFL IBT telah tuntas. Invoice pembayaran akan dikirimkan ke email dan pendaftar telah terdaftar untuk mengikuti tes TOEFL di lokasi tujuan.

Tips

Untuk memperoleh hasil terbaik, saya menyarankan untuk membeli produk tambahan yang ditawarkan oleh ETS (di bagian Value Pack). Terdapat beberapa soal latihan, simulasi yang sesuai dengan tes sebenarnya, dan materi persiapan yang membantu persiapan pendaftar. Jika ragu membeli sekarang, anda dapat kembali login dan memesan produk tersebut.

Pendaftar dapat melakukan pembayaran melalui kartu kredit, paypal, atau e-check. Jika belum punya atau ragu dengan ketiganya, anda dapat menggunakan jenis layanan virtual credit card untuk melakukan pembayaran. BNI memiliki VCN atau Virtual Card Number, sementara Mandiri punya Debit Online Mandiri. Ada banyak cara untuk membayar tes ini dan selamat mengikut tes TOEFL IBT.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s