Persiapan Tes TOEFL iBT

persiapan tes toefl ibt

Panel Tampilan Tes TOEFL iBT

Hasil yang baik tentunya berasal dari persiapan yang baik. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar meraih hasil TOEFL iBT seperti yang diharapkan. Orang-orang yang meraih nilai TOEFL yang mengesankan tanpa persiapan intensif sebelumnya kemungkinan telah melalui persiapan secara natural. Akan tetapi, jika anda merasa bukanlah orang yang seperti itu, sebaiknya anda mulai mempersiapkan diri secara intensif agar meraih hasil TOEFL iBT sesuai target.

Lalu bagaimana caranya mempersiapkan diri sebelum tes TOEFL iBT agar dapat meraih hasil terbaik? Ada banyak cara. Bisa dengan berlatih lewat materi persiapan secara online, mengikuti kursus tatap muka di lembaga bahasa Inggris terdekat, atau mempelajari buku TOEFL yang dijual di toko buku. Tinggal pilih, mana yang sesuai secara finansial, waktu, tingkat pemahaman, tingkat akses, dan cara penyajian. Selain persiapan dalam mengasah kemampuan bahasa Inggris, ada juga beberapa persiapan yang harus dilakukan terkait faktor non-teknis.

Kebanyakan menganggap faktor teknis berperan paling penting dalam upaya meraih nilai TOEFL iBT sesuai target, meski ada juga yang lebih melihat faktor non-teknis. Terlepas dari faktor apapun itu, yang terpenting nilai TOEFL iBT anda dapat mencapai target nilai. Oleh karena itu, saya akan menyampaikan persiapan yang harus dilakukan sebelum mengikuti tes TOEFL IBT secara teknis dan non-teknis untuk memberikan gambaran umum dalam menyusun rencana persiapan menghadapi tes TOEFL iBT. Semoga bermanfaat.

1. Ukur Kemampuan Awal Lewat Simulasi Online

Simulasi TOEFL iBT dapat menjadi acuan awal untuk menyusun rencana belajar dalam meraih target nilai TOEFL IBT. Ada beberapa website yang menyediakan simulasi online TOEFL iBT. Beberapa merupakan simulasi yang lengkap, beberapa tidak. Beberapa gratis, mayoritas berbayar. Menurut saya, jenis simulasi yang paling tepat dan menggambarkan seperti apa TOEFL iBT adalah simulasi versi ETS. Simulasi ini menggambarkan secara akurat seperti apa tes TOEFL iBT yang akan kita hadapi sehingga dapat membiasakan anda sebelum mengikuti tes yang sebenarnya. Sayangnya (sepengetahuan saya), simulasi ini berbayar.

Untuk mengukur kemampuan awal, saya menyarankan untuk memulai dari simulasi versi gratis. Ada beberapa pilihan simulasi online TOEFL iBT yang tersedia gratis seperti simulasi dari TestDen, 4tests, dan iCourses. Meskipun tidak semirip versi ETS, dan seringkali tidak lengkap, simulasi ini dapat bermanfaat untuk mengevaluasi kemampuan sekaligus mengidentifikasi perbaikan apa yang dibutuhkan agar mencapai target nilai TOEFL iBT.

2. Gunakan Materi dari ETS

ETS menyediakan berbagai materi yang dapat digunakan untuk berlatih di halaman Prepare for the TOEFL iBT® Test. Materi yang disediakan ETS menurut saya merupakan sumber materi yang paling relevan untuk mempersiapkan diri mengikuti tes TOEFL iBT. Sayangnya, kebanyakan dari materi ini berbayar dengan harga yang relatif tidak murah. Jika anda punya bujet lebih, ada baiknya mengeluarkan uang untuk membeli materi-materi ini, terutama materi simulasi online dari ETS.

3. Pelajari Video Instruksi dari ETS

Anda dapat mengakses channel TOEFL TV untuk mengakses konten video dari ETS. Channel ini menampilkan video untuk memandu peserta dalam menghadapi tes TOEFL iBT. Berbagai video yang terdapat di dalamnya dapat membuka wawasan anda tentang seperti apa tes TOEFL iBT, jawaban seperti apa yang diharapkan, dan beberapa tips yang berguna dalam menjawab soal. Informasi di dalamnya disampaikan secara interaktif dan mudah dimengerti sehingga dapat menjadi referensi berharga. Apalagi konten ini tersedia secara gratis.

4. Tingkatkan Kemampuan Lewat Materi, Latihan, (dan yang penting) Trik Menjawab

Jika anda memiliki biaya dan waktu yang memadai sebelum mengikuti tes TOEFL iBT, saya menyarankan untuk mengambil kursus intensif menghadapi tes TOEFL iBT. Entah itu lewat kursus tatap muka di lembaga bahasa terdekat, atau secara online. Anda juga bisa meningkatkan kemampuan dengan membeli buku persiapan TOEFL di toko buku terdekat. Akan tetapi, jika anda tidak punya bujet tambahan atau tidak punya banyak waktu untuk itu, materi dari internet akan menjadi persiapan yang berguna untuk dimanfaatkan.

Terdapat berbagai website dan halaman sosial media yang membahas persiapan tes TOEFL iBT. Jika jeli, anda dapat menemukan berbagai link tentang materi TOEFL yang disimpan di situs file-sharing tertentu (Mediafire, Google Drive, Zippyshare, Hostgator, dll). Terkadang ada e-book penting (seperti terbitan ETS, Kaplan, McGraw-Hill, atau Barron) atau aplikasi desktop/mobile untuk berlatih TOEFL. Salah satu website yang menjadi sumber informasi TOEFL yang saya peroleh adalah blog dxschool yang membagikan link download A-Z untuk persiapan tes TOEFL iBT.

Yang terpenting (menurut saya), selain materi latihan, adalah tips menjawab tes TOEFL iBT. Untuk yang satu ini, menurut saya, youtube adalah juaranya. Ada banyak video yang membahas tips menjawab TOEFL iBT dari berbagai negara. Meski belum tentu sesuai dengan apa yang diujikan ketika tes TOEFL, tips ini merupakan modal dasar yang paling penting saat menghadapi tes. Apa maksudnya? Maksudnya adalah kemungkinan besar jawaban yang dibutuhkan pada tes TOEFL akan mengikuti pola jawaban yang diajarkan dalam video tersebut. Salah satu channel youtube yang menurut saya sangat membantu dalam memberikan tips menjawab tes TOEFL iBT adalah notefull. Di dalam channel ini, terdapat berbagai tips dan trik menjawab tes TOEFL iBT yang berguna untuk mempermudah kita memahami apa jawaban yang diharapkan ketika tes TOEFL.

Meskipun demikian, saran saya, jangan menelan mentah-mentah apa yang disampaikan pada materi yang anda temukan! Gunakan logika, nalar, dan kreativitas anda ketika mempelajari dan memahami isi dari materi tersebut. Konten yang terdapat pada tips tersebut hanya bersifat prediksi dan belum tentu sesuai dengan yang diharapkan oleh pihak ETS.

5. Perkirakan Kondisi Tempat Tes

Salah satu kondisi tempat tes yang dapat menjadi masalah adalah komputer desktop. Jika anda jarang berinteraksi dengan komputer desktop, bisa saja anda akan mengalami kesulitan karena hal ini. Umumnya, lembaga penyelenggara TOEFL iBT menggunakan komputer desktop standard. Komputer ini biasanya memiliki keyboard yang relatif keras ketimbang keyboard laptop, serta tingkat pencahayaan dan kualitas audio yang relatif berbeda. Sebaiknya persiapkan diri untuk membiasakan diri dengan situasi ini. Masalah lainnya yang juga harus dipertimbangkan adalah lokasi tempat tes. Pastikan anda telah menemukan lokasi tes dan rute yang paling efektif untuk mengantarkan ke lokasi tes tepat waktu.

Karena masalah seperti ini tidak bisa digeneralisir, ada baiknya anda mensurvei lokasi tes sebelumnya. Dengan begitu, anda dapat memperkirakan seperti apa suasana tes, kondisi peralatan yang digunakan, dan rute terdekat yang dapat ditempuh dari tempat anda. Jangan sampai anda gagal meraih hasil TOEFL iBT sesuai target karena tidak mengenal kondisi dari tempat tes.

6. Latih Pronunciation dengan Memanfaatkan Teknologi

Kebanyakan dari kita yang berbangsa Indonesia punya logat masing-masing. Saya yakin kita masih punya logat berbau gudeg, cilok, pempek, ketoprak, rendang, papeda, atau bau-bau logat lainnya itu. Dan sebenarnya, seperti aroma makanan-makanan yang saya sebutkan barusan, logat anda juga bisa menjadi berbau amerika dengan makan makanan “Amerika” yang beraroma pekat. Maksudnya apa sih?

Maksud saya, agar mampu meraih hasil terbaik di bagian speaking, anda perlu melatih pronunciation dengan dijejali “makanan” Amerika yang beraroma pekat dan terus menerus. Aroma pekat berarti gaya berbicara yang sangat Amerika. Tonton video presentasi, seminar, ceramah, dan debat di Youtube dengan pembicara dari Amerika, kemudian tirukan bagaimana mereka berbicara. Menirukan pengucapan, logat, intonasi, dan “jokes” dari video tersebut dapat membantu untuk meraih nilai yang lebih baik pada bagian speaking dari tes TOEFL IBT. Tak perlu malu atau ragu, tiru saja dulu. Pelan-pelan, cara berbicara anda dalam bahasa Inggris akan semakin mirip dan sesuai dengan yang diharapkan oleh tes TOEFL IBT.

Jika suatu saat anda menemukan kata yang membingungkan untuk dilafalkan, manfaatkan Google Translate. Masukkan kata tersebut ke dalam kolom translate dan klik tombol untuk membunyikan pelafalan kata tersebut dalam bahasa Inggris. Cara ini efektif untuk mengetahui pelafalan suatu kata ketimbang menerka-nerka sendiri seperti apa pelafalannya.

7. Manfaatkan Gadget

Beberapa dari anda bisa saja memutuskan mengikuti tes TOEFL iBT di tengah kesibukan pekerjaan atau perkuliahan. Syukurlah saat ini teknologi membuat kita mampu mempersiapkan diri mengikuti tes di tengah kesibukan tersebut. Bagaimana caranya? Gunakan gadget anda. Ada banyak aplikasi yang dapat membantu persiapan TOEFL iBT dengan kata kunci “TOEFL” atau “TOEFL iBT” di kolom search Google Play (untuk Android), AppStore (untuk iOS), dan marketplace aplikasi mobile lainnya. Beberapa dari aplikasi ini tersedia secara gratis dengan fitur yang relevan untuk membantu persiapan kita mengikuti tes TOEFL.

8. Manfaatkan Teknologi untuk Melatih Grammar dan Gaya Bahasa

Masalah fundamental dalam berbahasa Inggris, terutama bagi orang Indonesia, adalah grammar. Lagi-lagi teknologi ternyata mampu menjembatani hal ini. Lewat internet, anda dapat mencari berbagai software atau aplikasi online untuk mengoreksi grammar. Anda juga bisa mencari berbagai artikel yang membahas tentang grammar secara teoretis disertai beberapa contoh latihan. Selain itu, yang juga penting, anda dapat mengembangkan gaya berbahasa Inggris yang tepat dan mudah dimengerti dengan memanfaatkan internet.

Perspektif berbahasa Inggris berbeda dengan berbahasa Indonesia pada banyak aspek. Mudah dimengerti dalam bahasa Indonesia tidak serta merta membuat suatu informasi akan mudah dimengerti dalam bahasa Inggris. Untuk meraih tes TOEFL iBT sesuai target, latihlah gaya berbahasa Inggris anda sesuai perspektif yang dimiliki bahasa Inggris dan berhentilah menyampaikan ide dengan menerjemahkan informasi berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris. Itu membuang-buang waktu. Saran saya, perbanyak berlatih mengembangkan ide dalam bahasa Inggris. Meskipun pada awalnya akan ada banyak kesalahan, dengan memanfaatkan teknologi, anda akan mengetahui titik kesalahan tersebut dan perlahan mengembangkan kemampuan untuk berkomunikasi dalam berbahasa Inggris. Pada akhirnya, anda akan mampu menuangkan ide secara natural ke dalam bahasa Inggris sehingga membantu anda mendapatkan hasil maksimal pada bagian speaking dan writing.

9. Tidak Minum Kopi, Tidak Begadang, Datang Paling Awal? Pffftttt…

Saya sering menemukan artikel di internet yang menyarankan untuk tidak minum kopi, tidak begadang, datang paling awal ketika tes, atau tidak lagi membahas soal sebelum melakukan tes TOEFL. Saran tersebut bukan berarti salah, akan tetapi jelas tidak benar (argumen akan lebih mudah dimengerti dengan logika dalam 4 dimensi, bukan 2 dimensi: benar & salah). Mengapa bukan berarti salah? Karena saran-saran tersebut memang masuk akal dan mengandung nilai kebenaran. Dalam kondisi normal, kita harusnya menerapkan saran-saran ini agar terhindar dari masalah non-teknis ketika mengikuti tes. Kenyataannya, beberapa orang justru mampu meraih hasil yang lebih baik jika tidak mengikuti saran ini. Kondisi ini membuat jenis saran seperti ini jelas tidak bisa dibenarkan secara mutlak.

Yang terpenting menurut saya adalah anda siap ketika tes berlangsung, dalam situasi apapun. Mau anda minum kopi, begadang, atau bahkan datang paling terakhir, anda tidak bisa berdalih dengan menggunakan argumen “jika saja” atau sejenisnya. Malahan, saya menyarankan anda untuk sesekali mempersiapkan kondisi terburuk seperti melakukan simulasi ketika sangat mengantuk, menyelesaikan simulasi dalam durasi yang lebih cepat, menggunakan fasilitas dibawah standar, atau simulasi di tengah situasi hiruk pikuk. Jenis persiapan seperti ini akan membantu anda untuk siap menghadapi situasi terburuk dan memahami batas kemampuan ketika melakukan tes TOEFL iBT dalam situasi yang tidak diharapkan.

Terlepas dari semuanya, lagi-lagi yang terpenting, anda memperoleh nilai TOEFL iBT sesuai target yang anda tetapkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s