Memilih Kampus Tujuan Kuliah

memilih kampus

Bingung Milih Kampus?

Berkuliah di perguruan tinggi dengan lingkungan yang ideal dan bidang keilmuan yang sesuai tentunya menjadi harapan kita saat berkuliah di luar negeri. Masalahnya, ada begitu banyak perguruan tinggi di dunia dengan kelebihan masing-masing. Kalau sudah begini, kampus mana yang sebaiknya anda pilih? Faktor apa yang akan anda pertimbangkan dalam memilih kampus tujuan? Kalau bingung, berikut saya jelaskan beberapa faktor yang dapat digunakan untuk mempertimbangkan perguruan tinggi untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

1. Peringkat

Peringkat merupakan indikator penting saat memilih kampus tujuan kuliah di luar negeri. Ada beberapa lembaga seperti majalah, website, lembaga pemerintahan, lembaga akademik, dan lembaga independen yang rutin melakukan pemeringkatan. Biasanya, mereka menggunakan beberapa kriteria sebagai indikator pemeringkatan seperti kekayaan, kualitas dan pengaruh riset, proses seleksi, kesuksesan alumni, dan demografi. Meskipun demikian, sejauh ini belum ada peringkat universitas yang secara akurat dapat menjelaskan kualitas akademis suatu perguruan tinggi. Oleh karena itu, anda sebaiknya paham indikator apa yang digunakan dalam peringkat tersebut dan seberapa akurat indikator tersebut mewakili kualitas dari suatu perguruan tinggi.

Beberapa jenis peringkat yang populer digunakan untuk mengetahui kualitas dari suatu universitas adalah Academic Ranking of World Universities (ARWU), Times Higher Education World Universities Rankings, Center for World University Rankings, G-factor, QS World University Rankings, dan banyak lagi. Anda bisa melihat peringkat universitas untuk setiap institusi di halaman ARWU 2014, CWUR 2014, dan QS World Universities Ranking 2014/2015. Pemeringkatan dari masing-masing lembaga ini dapat dijadikan acuan sebelum memilih kampus tujuan.

Selain peringkat secara keseluruhan, beberapa lembaga juga memeringkat perguruan tinggi berdasarkan subjek studi. Jenis peringkat ini dapat digunakan untuk mengevaluasi kualitas perguruan tinggi di subjek keilmuan tertentu. Lembaga seperti QS World Universities Rankings dan US News melakukan pemeringkatan perguruan tinggi berdasarkan subjek studi dengan indikator yang berbeda. Kombinasi antara peringkat perguruan tinggi dan peringkat subjek studi dapat menjadi pertimbangan bagi anda untuk mengevaluasi dan menentukan perguruan tinggi mana yang akan dituju.

2. Reputasi

Selain peringkat, anda juga bisa mempertimbangkan memilih suatu perguruan tinggi karena reputasinya. Reputasi dapat diketahui dari berbagai informasi terkait perguruan tinggi seperti seperti apa sejarah pendiriannya, bidang penelitian apa yang menjadi prioritas, dan apa saja kontribusi perguruan tinggi tersebut terhadap ilmu pengetahuan. Beberapa perguruan tinggi, meskipun tidak berada pada peringkat teratas, memiliki reputasi bagus yang berasal pencapaian yang telah diraih tersebut.

Dengan internet, kita dapat mengecek reputasi perguruan tinggi secara mudah. Ada Google untuk mencari review dari perguruan tinggi (meskipun harus di-crosscheck lagi), ada Wikipedia untuk mencari sejarah dan berbagai informasi tentang perguruan tinggi, dan tentu saja website resmi perguruan tinggi tersebut. Anda dapat mengecek berbagai informasi yang menjadi indikator seberapa baik reputasi perguruan tinggi tersebut. Tentu saja jika anda menjadikan reputasi sebagai pertimbangan dalam memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan studi.

3. Fasilitas

Salah satu hal yang membuat kita berniat untuk kuliah keluar negeri selain ilmu dan kualitas pendidikan adalah fasilitas. Mestinya, perguruan tinggi di negara maju memiliki fasilitas yang lebih baik dibanding perguruan tinggi di Indonesia. Akan tetapi, asumsi tersebut harus dicek lagi. Mengapa? Karena fasilitas yang disediakan oleh perguruan tersebut harus disesuaikan dengan tingkat ekonomi di negara tersebut dan standard relatif terhadap perguruan tinggi lainnya di negara tersebut.

Fasilitas jelas menjadi variabel yang mesti dipertimbangkan. Jangan sampai kecewa setelah masuk dan berkuliah di suatu perguruan tinggi karena menemukan bahwa fasilitas yang mereka miliki jauh dibawah harapan kita. Pelajari dengan baik informasi tentang fasilitas, jika perlu, tanyakan ke panitia urusan admission perguruan tinggi tersebut.

4. Program Studi dan Kurikulum

Program studi dan kurikulum adalah hal yang mesti anda pertimbangkan, terutama jika anda berencana kuliah keluar negeri untuk pendidikan pasca sarjana (S2 dan S3). Pastikan mata kuliah yang mereka tawarkan merupakan kuliah yang relatif sesuai dengan anda. Jika anda ingin menambah pengalaman dengan mempelajari bidang keilmuan yang baru, maka pilihlah perguruan tinggi yang menawarkan perkuliahan dengan mata kuliah yang relatif baru dan jarang ditemui. Jika anda berharap kuliah S2 dan S3 akan memberikan anda indeks prestasi yang lebih baik, sebaiknya pilih perguruan tinggi yang menawarkan mata kuliah yang telah anda kuasai. Setiap dari kita memiliki kepentingan masing-masing ketika berkuliah di luar negeri, oleh karena itu, pastikan kurikulum di tempat anda berkuliah mampu mengakomodasi kepentingan tersebut.

5. Persyaratan Penerimaan

Bagian yang satu ini lebih baik menjadi pertimbangan sejak awal dalam memilih perguruan tinggi. Mengapa? Karena sepengetahuan saya perguruan tinggi di luar negeri, terutama yang prestisius, biasanya tidak mentolerir persyaratan yang kurang lengkap atau tidak memenuhi. Oleh karena itu, pastikan bahwa persyaratan yang diminta perguruan tinggi tersebut mampu anda penuhi. Beberapa perguruan tinggi terkadang menginginkan persyaratan yang relatif berbeda atau menantang. Misalnya syarat nilai minimum TOEFL iBT 26 untuk setiap section, atau nilai GRE berada pada percentile 90th untuk setiap section, atau meminta persetujuan supervisi dari profesor ternama di perguruan tinggi tersebut. Jika anda merasa persyaratan yang diminta perguruan tinggi tersebut sulit dipenuhi, segera cari perguruan tinggi lainnya. Pelajari persyaratan penerimaan perguruan tinggi secara teliti, jika perlu, tanyakan ke panitia admission tentang informasi lengkap seputar persyaratan tersebut.

6. Alumni

Alumni merupakan faktor penting yang mestinya juga kita perhatikan sebelum memilih perguruan tinggi untuk berkuliah di luar negeri. Siapa saja alumni perguruan tinggi yang menjadi tokoh masyarakat, siapa saja alumni yang berkontribusi terhadap ilmu pengetahuan, dan apa saja profesi dan institusi yang akhirnya menjadi tempat bekerja perguruan tinggi merupakan hal-hal yang mesti kita pelajari dari suatu perguruan tinggi. Internet dapat digunakan untuk mencari informasi terkait alumni dari perguruan tinggi. Anda juga dapat berinteraksi dengan para alumni di forum-forum online dan offline.

7. Peluang Kerja dan Riset

Jika anda berniat kuliah di luar negeri untuk mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi, mengadakan riset berskala internasional, atau motif lainnya terkait kerja atau riset, anda harus memperhatikan seberapa berprospek suatu perguruan tinggi yang mendukung harapan anda. Beberapa perguruan tinggi terkadang menyampaikan secara eksplisit peluang apa saja yang terdapat bagi para lulusan di perguruan tinggi tersebut. Anda juga dapat menggunakan internet untuk mencari tahu informasi terkait peluang kerja dan riset di suatu perguruan tinggi.

8. Staf Pengajar

Beberapa perguruan tinggi terkadang memiliki pengajar yang ternama karena kontribusi mereka di kalangan ilmiah. Tentu saja akan sangat membanggakan jika kita diajar oleh sosok berpengaruh dan sangat berkontribusi bagi kalangan ilmiah. Jika anda berharap untuk mendapatkan kuliah atau mengerjakan riset bersama sosok yang inspiratif bagi anda, staf pengajar dari suatu perguruan tinggi adalah sesuatu yang mesti dipertimbangkan. Cek staf pengajar di halaman web program studi perguruan tinggi dan periksa berbagai informasi tentang mereka di internet. Wikipedia, Google Scholar, dan blog pribadi mereka dapat menjadi referensi.

9. Budaya

Meskipun tidak dapat diamati secara konkrit, budaya merupakan faktor yang akan berdampak pada kenyamanan anda ketika berkuliah di luar negeri. Oleh karena itu, perhatikan berbagai informasi terkait seperti apa budaya di perguruan tinggi tersebut. Beberapa perguruan tinggi mungkin memiliki kompetisi yang ketat. Ada juga perguruan tinggi yang mahasiswanya cenderung menyukai party. Atau mungkin anda akan menemukan jenis perguruan tinggi yang lebih melibatkan mahasiswanya untuk aktif di berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Cek forum, halaman sosial media, blog, atau ulasan terkait perguruan tinggi pilihan anda untuk mempelajari seperti budaya perguruan tinggi tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s