Mengatur Biaya Persiapan Tes TOEFL

biaya persiapan tes TOEFL iBT

Anggarkan biaya untuk persiapan TOEFL iBT

Jika anda telah menetapkan rencana persiapan untuk menghadapi tes TOEFL iBT, maka langkah berikutnya yang mesti dilakukan adalah memperkirakan biaya yang dibutuhkan. Dengan adanya internet, mestinya kita dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti tes TOEFL tanpa biaya. Akan tetapi, terkadang ada beberapa materi persiapan berbayar yang berguna untuk membantu mencapai nilai terbaik. Oleh karena itu, sebaiknya anda mulai mempertimbangkan untuk mengalokasikan dana untuk persiapan tes TOEFL.

Berikut daftar materi persiapan penting yang akan anda butuhkan untuk mengikuti tes TOEFL. Anda dapat memperkirakan materi apa saja yang anda butuhkan kemudian melakukan perhitungan biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan semuanya. Jika anda cukup percaya diri dengan kemampuan anda, materi gratis sepertinya sudah cukup. Jika tidak, mulailah menyiapkan untuk mempersiapkan diri menuju tes TOEFL iBT.

1. Materi Persiapan dari ETS (Gratis)

Anda dapat mengakses beberapa materi persiapan gratis yang disediakan oleh ETS seperti TOEFL iBT® Interactive SamplerTOEFL iBT® Test Questions, dan TOEFL iBT® Quick Prep. Semua materi ini cukup membantu untuk mempersiapkan diri menuju tes TOEFL iBT sekaligus memberikan gambaran seperti apa situasi yang akan dihadapi ketika tes TOEFL iBT. Jika anda cukup percaya diri dengan kemampuan berbahasa Inggris anda saat ini, maka menurut saya materi ini sudah cukup untuk membantu persiapan tes TOEFL iBT.

2. Video Tutorial di Youtube, dll (Gratis)

Terdapat beberapa video tutorial yang menjelaskan berbagai tips dan trik menjawab tes TOEFL. Anda dapat mencari video tersebut di Youtube, Dailymotion, Vimeo, dan berbagai website sharing video. Meskipun menurut saya yang terbanyak tetap berada di Youtube. Berbagai pengajar dari institusi kursus intensif tes TOEFL iBT akan menjelaskan berbagai trik tersebut, disertai dengan contoh soal. Jika menurut anda materi ETS masih kurang, maka anda dapat memanfaatkan video tersebut untuk meningkatkan kemampuan saat menghadapi tes TOEFL iBT.

3. Artikel dari Blog dan Website Tutorial Tes TOEFL iBT (Gratis)

Saat ini ada berbagai blog dan website yang dapat memandu kita untuk mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL iBT. Misalnya website TestDen, Test Prep Practice, dan English-Test. Anda dapat mencari berbagai tutorial lainnya di website Google. Karena kebanyakan materi ini tersedia dalam bahasa Inggris, anda sebaiknya telah menguasai dasar dari bahasa Inggris untuk mempelajarinya. Menurut saya, artikel dari blog dan website tutorial tes TOEFL iBT merupakan sumber yang tepat untuk melengkapi persiapan anda bersama dengan video tutorial TOEFL iBT dari youtube.

4. Simulasi Online Tes TOEFL iBT (Gratis)

Simulasi online tes TOEFL iBT merupakan persiapan yang sangat penting sebelum menghadapi hari-H. Hasil dari simulasi dapat menjadi acuan seberapa jauh kemampuan kita dan bagian mana yang mesti kita perbaiki. Anda dapat menggunakan Google untuk mencari simulasi secara gratis. Atau bisa juga berkreasi sendiri membuat format latihan TOEFL iBT dari berbagai sumber soal. Jika anda ingin memantau perkembangan kemampuan TOEFL iBT anda dari waktu ke waktu tanpa biaya, melakukan simulasi merupakan langkah yang tepat.

5. Aplikasi Mobile (Gratis)

Terkadang, kita harus menyiapkan diri mengikuti tes TOEFL di tengah aktivitas pekerjaan dan rutinitas sehari-hari. Jika kondisi ini yang harus anda hadapi, maka manfaatkan gadget anda sebagai media mempersiapkan diri menuju tes TOEFL. Terdapat beberapa aplikasi mobile yang gratis di-download dari berbagai pengembang. Meskipun demikian, saya menyarankan untuk memeriksa review dan rating yang diberikan oleh para pengguna lainnya. Beberapa aplikasi ini dikembangkan secara independen dengan kualitas yang belum terjamin. Terlepas dari hal tersebut, jika anda menggunakan aplikasi mobile yang relevan, persiapan tes TOEFL iBT anda akan menjadi lebih mudah jika memanfaatkan aplikasi mobile yang terinstal di gadget. Lakukan pencarian melalui Google Play, AppStore, atau OS apapun dengan menggunakan kata kunci “TOEFL” atau “TOEFL iBT”. Anda dapat memilih berbagai aplikasi berlatih TOEFL iBT yang tersedia secara gratis.

6. Materi Persiapan dari ETS (Berbayar)

Jika anda memiliki anggaran untuk mempersiapkan tes TOEFL iBT namun dibatasi oleh waktu hanya sekitar 1 bulan, saya menyarankan anda untuk mengalokasikan dana tersebut kepada materi persiapan berbayar dari ETS. Paket yang paling worthed menurut saya adalah TOEFL Value Packs yang berisi kombinasi berbagai materi persiapan TOEFL iBT. Anda dapat menghemat pengeluaran hingga 33 – 40% ketimbang membeli materi tersebut satu per satu. Tersedia paket TOEFL Practice Online, Value Pack Prep, hingga Value Pack Premium. Rincian harga dan materi dapat dilihat di halaman website TOEFL Value Packs.

Selain paket Value Packs, ETS juga menawarkan berbagai layanan lain berbentuk e-book seperti Writing in English, Idioms in English, dan Pronunciation in English. Anda juga dapat membeli layanan yang terdapat di TOEFL Value Packs secara terpisah. Seluruh materi persiapan berbayar dari ETS dapat diakses pada halaman Prepare for the TOEFL iBT® Test.

Materi persiapan berbayar dari ETS merupakan materi berbayar yang paling layak digunakan sebagai persiapan. Jika anda hanya punya bujet atau waktu yang sangat terbatas, saya menyarankan anda untuk mengambil TOEFL Value Packs yaitu paket TOEFL Practice Online. Paket ini merupakan pilihan termurah dan terpenting yang akan memberikan gambaran kepada anda seperti apa tes TOEFL yang akan berlangsung.

Perkiraan Pengeluaran: $ 21,5/paket – $ 139/paket

7. Simulasi Online Tes TOEFL iBT (Berbayar)

Sebelum mengikuti tes, sebaiknya anda mendapat prediksi nilai TOEFL iBT yang akan anda peroleh yang dapat anda gunakan untuk mengevaluasi sekaligus melakukan perbaikan sebelum tes. Terdapat beberapa lembaga yang menyediakan simulasi tes TOEFL iBT dengan harga terjangkau seperti ETS (melalui pilihan TOEFL Practice Online), i-Courses, dan Studentnext. Jika anda memiliki dana yang cukup untuk melakukan persiapan serta waktu persiapan lebih dari 1 bulan, saya menyarankan untuk rutin mengambil simulasi per minggu.

Perkiraan Pengeluaran: $10/simulasi – $44.95/simulasi

8. Aplikasi Mobile (Berbayar)

Selain aplikasi mobile gratis, terdapat beberapa aplikasi berbayar yang dapat dimanfaatkan untuk berlatih TOEFL di tengah kesibukan aktivitas sehari-hari. Meskipun demikian, sejauh pengamatan saya, jumlah pen-download dari jenis aplikasi mobile berbayar untuk persiapan tes TOEFL iBT relatif tidak banyak dan review dari mereka juga jarang. Beberapa aplikasi mobile versi android untuk persiapan TOEFL iBT yang tersedia dalam versi berbayar meliputi iTooch TOEFL™ Prep FULLUji TOEFL iBT Practice Pro, dan IBT TOEFL Prep Pro. Selain itu, ada juga beberapa aplikasi mobile lainnya yang dapat diakses oleh pengguna iOS.

Perkiraan Pengeluaran: $0.99/app – $11.99/app

9. Kursus Intensif (Berbayar)

Jika anda merasa membutuhkan persiapan yang intensif melalui materi persiapan dari lembaga yang terpercaya, maka mengikuti kursus intensif untuk TOEFL iBT merupakan metode yang paling tepat untuk menjawab kebutuhan tersebut. Terdapat berbagai kursus intensif yang tersedia secara online. Anda juga dapat mencari kursus intensif yang melalui jadwal tatap muka secara rutin di lembaga bahasa Inggris terdekat di kota anda. Jika anda berencana mengikuti tes TOEFL iBT dengan persiapan 3 bulan atau lebih, maka kursus intensif merupakan sesuatu yang mesti anda pertimbangkan. Apalagi anda menargetkan nilai TOEFL teratas atau merasa belum begitu menguasai bahasa Inggris dalam konteks akademis.

Anda dapat mengikuti kursus intensif TOEFL secara tatap muka di berbagai lembaga seperti Kaplan, English First, dan lembaga bahasa Inggris di perguruan tinggi terdekat. Kursus intensif tersedia dalam berbagai pilihan rentang waktu mulai dari 6 hingga 24 minggu. Selain kursus tatap muka, tersedia juga beberapa kursus intensif TOEFL secara online yang memudahkan anda untuk mempersiapkan diri dengan hanya terhubung koneksi internet. Lembaga seperti Magoosh, i-courses, dan TestDen menyediakan berbagai pilihan paket persiapan secara yang disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang anda miliki. Jika anda memang mempertimbangkan untuk meraih nilai TOEFL semaksimal mungkin, sepertinya kursus intensif TOEFL iBT merupakan pilihan yang mesti anda ambil. Kecuali jika anda yakin dengan kemampuan anda atau tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengikuti persiapan intensif.

Perkiraan Pengeluaran (Tatap Muka): Minimum Rp.1.500.000/kursus

Perkiraan Pengeluaran (Online): $49/kursus – $750/kursus

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s