Menyusun Surat Rekomendasi yang Meyakinkan

rekomendasi meyakinkan

Membuat rekomendasi yang meyakinkan

Hampir seluruh perguruan tinggi biasanya mensyaratkan surat rekomendasi saat mendaftar kuliah. Meskipun terlihat sederhana, surat rekomendasi biasanya menjadi bagian yang memusingkan pelamar dengan pertanyaan seperti: Seperti apa sih surat rekomendasi yang diinginkan perguruan tinggi tujuan anda? Terlebih lagi, surat rekomendasi merupakan sesuatu yang tidak biasa bagi kita yang menjalani pendidikan di Indonesia. Kalaupun ada, bagian ini sering dianggap formalitas. Padahal, surat rekomendasi merupakan bagian yang vital bagi perguruan tinggi di luar negeri untuk mempertimbangkan apakah pelamar memiliki kualifikasi yang layak untuk diterima atau tidak.

Bagi kita yang baru pertama menulis surat rekomendasi, biasanya terdapat kebingungan tentang seperti apa surat rekomendasi yang meyakinkan dan kepada siapa kita harus bertanya. Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat surat rekomendasi yang meyakinkan? Surat rekomendasi yang meyakinkan mesti menjelaskan tentang karakter pelamar secara detail dan menampilkan bukti yang mendukung karakter tersebut berdasarkan pengalaman pemberi rekomendasi. Meskipun terkesan sederhana, sayangnya banyak surat rekomendasi yang tidak dibuat dengan baik dan meyakinkan. Berikut beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan agar dapat membuat surat rekomendasi yang meyakinkan.

1. Mintalah Rekomendasi dari Seseorang yang Mengenal dan Mengerti Anda

Memilih siapa yang akan memberi rekomendasi bagi anda merupakan tahap yang sangat penting dalam membuat surat rekomendasi. Jika ada begitu banyak orang yang anda kenal dan bekerja bersama, buatlah daftar orang-orang yang berpotensi memberi rekomendasi kepada anda. Dosen atau profesional yang sempat bekerja bersama dengan anda merupakan orang yang paling berpotensi untuk diminta rekomendasi. Hubungi mereka sejak jauh hari agar dapat memberi waktu bagi mereka. Jangan sampai ketika deadline aplikasi berakhir, anda belum juga mendapatkan rekomendasi.

Terlepas dari apapun bidang studi anda, pilihlah perekomendasi yang familiar dengan kemampuan, kepribadian, dan karakter anda. Pengisi surat rekomendasi dengan reputasi hebat pun belum tentu mampu membuat surat rekomendasi yang meyakinkan jika mereka tidak memahami anda. Selain itu, pastikan anda memiliki cadangan pemberi rekomendasi jika suatu ketika jumlah pemberi rekomendasi yang anda harapkan tidak cukup untuk memenuhi syarat yang diminta oleh perguruan tinggi.

2. Persiapkan Beberapa Dokumen Berikut untuk Membantu Perekomendasi

Ketika mempercayakan seseorang membuat surat rekomendasi, anda mesti menyediakan segala informasi penting terkait diri anda untuk membantu perekomendasi memberikan pertimbangan. Para perekomendasi belum tentu memahami segala sesuatu tentang anda. Sebaiknya, anda mempersiapkan beberapa dokumen yang membuat informasi sebagai berikut:

  • Draft dari Statement of Purpose
  • Curriculum Vitae atau resume.
  • Informasi tentang perguruan tinggi tujuan, deadline, dan informasi apa saja yang mesti dilengkapi saat mengisi formulir rekomendasi.
  • Draft dari contoh isian rekomendasi untuk panduan bagi perekomendasi.
  • Dan segala informasi yang bisa saja dibutuhkan perekomendasi terkait mengisi rekomendasi seperti tingkat kecakapan berbahasa inggris, hasil tes GRE/GMAT, transkrip nilai, dan berbagai hal lainnya.

3. Pastikan Rekomendasi Disampaikan dalam Bahasa yang Jelas dan Konkrit

Rekomendasi sebaiknya dibuat dalam bahasa yang konkrit. Maksudnya, setiap poin mudah dipahami, mengandung fakta yang relevan, dan diikuti dengan contoh berdasarkan pengalaman perekomendasi. Banyak surat rekomendasi yang diisi dengan informasi yang abstrak, general, dan tidak jelas. Contoh rekomendasi yang jelas dan konkrit misalnya jika anda dibilang cemerlang di perkuliahan, jelaskan mata kuliah apa yang terbukti cemerlang di mata perekomendasi. Atau juga anda cerdas, pekerja keras, dan berkomitmen, jelaskan kejadian seperti apa yang membuktikan bahwa anda merupakan orang yang seperti itu.

Jika anda diminta membuat draft surat rekomendasi, maka pastikan surat rekomendasi tersebut dijelaskan dengan bahasa yang jelas dan diikuti contoh yang konkrit. Ada banyak contoh surat rekomendasi yang dibuat secara jelas dan konkrit yang dapat dijadikan acuan. Jika surat rekomendasi dibuat langsung oleh perekomendasi, pastikan rekomendasi yang mereka buat disampaikan secara jelas dan konkrit. Bahasa yang jelas dan konkrit menandakan bahwa perekomendasi anda memiliki informasi yang lengkap dan jelas tentang anda. Dengan kata lain, hal tersebut menandakan bahwa perekomendasi mengenal anda dengan baik. Oleh karena itu, pastikan bahwa rekomendasi anda disampaikan secara jelas dan konkrit.

4. Usahakan Rekomendasi Berisi Informasi tentang Riset dan Performa Perkuliahan

Terkadang perguruan tinggi ingin mengetahui seberapa besar potensi pelamar dalam mengerjakan riset. Jika anda meminta rekomendasi dari dosen pembimbing skripsi/tesis atau dosen yang pernah bekerjasama mengadakan riset dengan anda, pastikan bahwa informasi terkait kapabilitas anda dalam mengerjakan riset tercantum di dalam surat rekomendasi. Berikut beberapa informasi tentang pengalaman riset anda yang sebaiknya terdapat dalam surat rekomendasi.

  • Apa saja yang anda kerjakan ketika riset.
  • Apa saja kontribusi yang telah anda berikan yang mempengaruhi kesuksesan riset.
  • Apakah riset ini berhasil atau gagal.
  • Jika riset ini masih berjalan, jelaskan mengapa riset tersebut akan sukses dan apa pengaruh anda dalam hal tersebut.

Selain kapabilitas dalam mengerjakan riset, variabel lain yang juga dipertimbangkan dalam rekomendasi adalah bagaimana performa mahasiswa dalam perkuliahan. Terlepas dari apakah anda merupakan bintang kelas, medioker, atau pelanggan cuci nilai, performa anda dalam kuliah mesti disampaikan serta memuat informasi yang jujur dan dapat dipertanggungjawabkan. Mintalah pemberi rekomendasi untuk bercerita tentang seperti apa performa anda saat perkuliahan. Sampaikan cerita tersebut dengan cara yang jelas dan konkrit, misalnya seperti “pelamar merupakan mahasiswa dengan kualitas tiga terbaik di kelas perkuliahan saya.” Jika anda merupakan mahasiswa medioker atau pelanggan setia cuci nilai, mintalah perekomendasi untuk menyampaikan sisi-sisi menarik pada diri anda saat perkuliahan. Misalnya seperti keunikan cara berpikir anda, kegigihan, attitude, atau hal lain yang dapat membuat anda menjadi tetap cemerlang meskipun transkrip anda tidak berkata serupa.

5. Usahakan Rekomendasi Menampilkan Kepribadian Anda Secara Jujur

Rekomendasi yang dibutuhkan saat melamar perguruan tinggi bukanlah tulisan yang menceritakan anda sebagai sosok yang sempurna, melainkan tulisan yang menampilkan anda sebagai sosok manusia seutuhnya. Cerita-cerita yang emosional, seru, humoris, atau menyentuh bisa menjadi nilai lebih yang membuat rekomendasi anda lebih meyakinkan dibanding yang lainnya. Karena informasi tentang kepribadian relatif tidak bisa diukur, bagian ini bisa jadi merupakan bagian yang paling menjebak dibanding yang lainnya.

Itulah sebabnya anda harus memilih perekomendasi yang paling mengenal anda. Ada beberapa perekomendasi yang pendiam dan serius, sementara ada juga yang rame dan humoris. Terlepas dari seperti apa karakter perekomendasi, informasi yang memuat seperti apa kepribadian anda merupakan informasi penting pada surat rekomendasi. Oleh karena itu, anda harus mengusahakan perekomendasi mampu menyampaikan informasi kepribadian anda secara jujur dengan gaya bahasa mereka. Lengkapi juga dengan beberapa informasi atau cerita ringan yang membuat profil anda seolah mengena di pikiran pemberi rekomendasi.

Lalu informasi apa saja yang dapat diceritakan tentang anda pada surat rekomendasi? Beberapa diantaranya adalah:

  • Keterampilan interpersonal dan kemampuan memimpin.
  • Prestasi pelamar.
  • Kemampuan berkomunikasi.
  • Potensi pelamar.
  • Minat dan bakat dari pelamar.

6. Jaga Hubungan dengan Perekomendasi

Selain masalah terkait teknis surat rekomendasi, yang mesti anda perhatikan dalam memperoleh surat rekomendasi adalah hal non-teknis. Pastikan anda menghubungi pemberi rekomendasi beberapa waktu sebelum tenggat waktu, menjaga kontak dengan mereka, memandu mereka saat pengisian, mengirim reminder rutin, dan mengucapkan terima kasih setelah mereka memberi rekomendasi.

Anda bisa saja memberi ucapan terima kasih atau beberapa hadiah setelah aplikasi terkirim. Karena tidak semua orang bisa langsung diterima saat mengajukan lamaran ke perguruan tinggi, ada baiknya anda terus menjaga kontak dengan mereka jika anda akan kembali mengajukan lamaran perkuliahan di periode berikutnya. Selain itu, upayakan agar perekomendasi mendapat informasi tentang hasil akhir dari aplikasi yang anda ajukan. Mereka telah menginvestasikan waktu dan tenaga demi masa depan akademis anda. Tentunya mereka akan ikut bahagia jika aplikasi lamaran anda diterima di perguruan tinggi tujuan.

7. Pelajari Contoh Surat Rekomendasi

Tentu saja cara efektif untuk menyusun surat rekomendasi yang meyakinkan adalah dengan meniru surat contoh rekomendasi yang telah ada. Ada banyak referensi surat rekomendasi yang disusun oleh pihak perguruan tinggi yang beredar di internet. Beberapa referensi yang saya gunakan untuk surat rekomendasi misalnya dari Pennsylvania State University, Purdue Online Writing Lab, Dickinson College, dan imag. Contoh ini hanyalah referensi, jadi jangan ditiru mentah-mentah. Pelajari bagaimana bentuk surat rekomendasi yang meyakinkan dan kembangkan versi anda dari contoh tersebut. Selamat mengajukan lamaran ke perguruan tinggi tujuan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s