Beasiswa China University of Mining and Technology (CUMT) 2015

beasiswa cumt 2015

Kampus China University of Mining and Technology

Dunia pendidikan Cina semakin serius mengajak pelajar internasional untuk bergabung bersama mengembangkan dunia pendidikan. Salah satunya ditunjukkan oleh China University of Mining and Technology, salah satu universitas nasional yang bekerja langsung dibawah pengawasan Kementerian Pendidikan Cina.

China University of Mining and Technology (CUMT) merupakan universitas berbasis riset yang sebelumnya bernama Beijing Institute of Mining & Technology. Pada Juli 1997, bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Cina dan Pemerintah Daerah Beijing, universitas ini berdiri dan diperbarui pada 1998. CUMT berlokasi di Xueyuan Road, zona universitas di Distrik Haidian, Beijing. Di sebelah timur kampus terdapat National Olympic Park. Sementara di sebelah barat terdapat Yuanmingyuan Ruins Park dan Xiangshan Park. Kampus CUMT memiliki luas tanah 240.000 meter persegi dengan luas lantai 360.000 meter persegi. Perpustakaan di kampus CUMT memiliki koleksi buku sebanyak 750.000 volume dengan e-book sejumlah 520.000 judul.

Di tahun 2015 ini, CUMT membuka kesempatan beasiswa S-1 hingga S-3 bagi pelajar dari seluruh dunia. Program beasiswa terdiri dari dua tingkatan, beasiswa kelas A dan kelas B. Penerima mendapat kesempatan untuk belajar bahasa Cina selama 1 tahun serta memilih jurusan sesuai yang ditawarkan oleh CUMT. Penerima beasiswa akan memperoleh beasiswa penuh atau sebagian sesuai pertimbangan dari pihak kampus. Beasiswa ini telah dialokasikan sejak 2013 untuk mengajak mahasiswa berprestasi memilih melanjutkan studi di CUMT.

Benefit Beasiswa CUMT 2015

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, terdapat dua tingkatan pada beasiswa yang ditawarkan oleh CUMT. Kelas A merupakan tingkatan dengan fasilitas yang lebih baik dimana mahasiswa program sarjana akan memperoleh RMB 20 ribu yuan per tahun, mahasiswa program master mendapat RMB 22 ribu yuan per tahun, dan mahasiswa program doktor mendapat RMB 24 ribu per tahun. Sementara kelas B memberikan beasiswa sebesar RMB 8.000 yuan per tahun bagi mahasiswa sarjana,  RMB 9.000 yuan per tahun bagi mahasiswa master, RMB 10.000 ribu yuan per tahun bagi mahasiswa doktor. Beasiswa ini dapat dialokasikan untuk membayar berbagai kebutuhan dasar seperti uang kuliah, biaya tempat tinggal, dan biaya perkuliahan lainnya. Biaya akan langsung ditransfer ke rekening bank penerima beasiswa setiap bulannya, kecuali di bulan Februari dan Agustus.

Penerima beasiswa juga akan memperoleh fasilitas belajar bahasa Cina, terutama bagi mereka yang memiliki catatan akademis yang cemerlang namun tidak memenuhi persyaratan nilai minimum Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK). Fasilitas belajar bahasa Jepang ini bernilai RMB 10.000 bagi penerima beasiswa kelas A dan RMB 8.000 bagi penerima beasiswa kelas B.

Persyaratan Beasiswa CUMT 2015

Kriteria penerima beasiswa:

  1. Calon mahasiswa berkewarganegaan non-Cina yang ingin melanjutkan studi di CUMT.
  2. Memenuhi kriteria penerimaan umum yang diterapkan oleh CUMT (cek di website-nya).
  3. Memiliki rata-rata nilai diatas 75 skala 100.
  4. Pelamar harus memperhatikan hukum yang berlaku di Cina serta aturan yang berlaku di CUMT.

Dokumen yang Mesti Dilengkapi:

  1. Formulir aplikasi CUMT Scholarship bagi International Students.
  2. Formulir aplikasi International Student.
  3. Personal Statement (500 kata).
  4. Pernyataan pendapat keluarga dalam bahasa Cina atau Inggris yang ditandatangani.
  5. Physical Examination Record for Foreigner yang resmi.
  6. Kopi dari kartu pengenal atau paspor.
  7. Transkrip nilai asli, dan kopi dari ijazah.
  8. Dua surat rekomendasi.
  9. Prestasi akademis lainnya yang pernah diraih.

Seluruh dokumen harus tersedia dalam bahasa Cina atau Inggris. Dokumen yang tidak ditulis dalam bahasa Cina atau Inggris, harus diterjemahkan ke dalam bahasa Cina atau Inggris secara resmi oleh lembaga terkait. Aplikasi harus dicetak dan ditandatangani. Seluruh aplikasi yang tidak lengkap atau valid akan ditolak. Seluruh persyaratan dokumen harus dikirim lewat pos ke alamat perguruan tinggi.

Batas akhir pengajuan beasiswa adalah 20 Juni 2015. Pengumuman beasiswa akan disampaikan di paling lambat 1 Juli 2015. Informasi lengkap dapat dicek di halaman CUMT Scholarship. Selamat menuntut ilmu sampai ke negeri Cina.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s