Mencari dan Mengajukan Pendanaan Kuliah ke Luar Negeri

pendanaan kuliah luar negeri

Masalah utama yang sering menghalangi mahasiswa Indonesia untuk mendaftar kuliah ke luar negeri adalah pendanaan. Bagaimana caranya mencari dan mengajukan pendanaan kuliah ke luar negeri tentunya bukanlah hal yang gampang. Apalagi jika kita berniat untuk berkuliah di perguruan tinggi yang prestisius yang umumnya mensyaratkan biaya yang lebih mahal. Sekalipun ada beberapa negara yang tidak membebankan biaya kuliah pada mahasiswanya, masih ada biaya lainnya yang harus kita pikirkan yaitu biaya hidup selama di luar negeri.

Meskipun terkesan klise, beasiswa sepertinya adalah solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini. Dengan menggunakan beasiswa yang melingkupi seluruh pendanaan yang dibutuhkan untuk mengikuti perkuliahan, keuangan tidak lagi menjadi masalah yang menghambat untuk berkuliah ke luar negeri. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencari dan mengajukan beasiswa demi pendanaan berkuliah ke luar negeri? Berikut beberapa informasi yang dapat membantu kamu dalam mencari dan mengajukan pendanaan kuliah ke luar negeri.

1. Sejauh Ini (Secara Subjektif) Beasiswa Sepertinya Pilihan yang Paling Realistis

Jalan keluar yang paling relevan untuk mengatasi hambatan keuangan berkuliah ke luar negeri yang paling populer dan (mungkin) paling realistis adalah beasiswa. Ada begitu banyak lembaga pemberi beasiswa yang menyediakan pendanaan bagi setiap orang yang berniat melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Jika anda memenuhi kualifikasi yang mereka harapkan, segeralah mengajukan diri dan ikuti setiap prosedur yang mereka tentukan.

Untuk mencari beasiswa, terdapat berbagai macam sumber informasi yang dapat dimanfaatkan seperti internet. Ada banyak informasi tentang beasiswa jika kita melakukan pencarian di mesin pencari. Kita juga bisa memeriksa di milis civitas perguruan tinggi atau program studi. Selain itu, beberapa perguruan tinggi umumnya juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang telah terdaftar di perguruan tinggi tersebut.

Selain melalui pencarian di internet, anda juga dapat mengecek beberapa beasiswa yang rutin memberikan dana setiap tahunnya. Beberapa diantaranya seperti:

  • Beasiswa LPDP.
  • Beasiswa Fulbright (untuk studi ke Amerika Serikat).
  • Beasiswa Erasmus Mundus (untuk studi ke Eropa).
  • Beasiswa DAAD (untuk studi ke Jerman).
  • Beasiswa Chevening (untuk studi ke Eropa).
  • Beasiswa ADS (untuk studi ke Australia).
  • Monbukagakusho (untuk studi ke Jepang).

Dalam memilih beasiswa, pelajari secara teliti peraturan beasiswa dan tanggungan yang akan diberikan oleh beasiswa. Tidak semua beasiswa menanggung sepenuhnya kebutuhan perkuliahan anda. Beberapa beasiswa hanya bersifat sebagian, atau menanggung sebagian biaya dari total kebutuhan perkuliahan seperti biaya kuliah, akomodasi, dan perjalanan. Selain itu, ada juga lembaga pemberi beasiswa yang mensyaratkan penerima untuk tidak menerima beasiswa selain yang diberikan oleh lembaga tersebut.

2. Memanfaatkan Financial Aid non Pinjaman (Jika Tersedia)

Financial aid merupakan pendanaan yang diberikan dari perguruan tinggi untuk membantu kebutuhan mahasiswa sehari-hari. Financial aid terdiri dari berbagai macam bentuk seperti beasiswa, pinjaman, research assistanship, stipend, teaching assistanship, dll. Karena beasiswa telah dibahas pada bagian awal, maka yang saya maksud adalah financial aid selain beasiswa. Dalam bagian ini, anda yang berniat berkuliah ke luar negeri mesti mencari tahu informasi ketersediaan dari financial aid non-beasiswa yang tidak berbentuk pinjaman. Bentuk financial aid dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk membantu kebutuhan dana kuliah, namun dengan kompensasi seperti mengerjakan riset, menjadi asisten lab, menjadi asisten kuliah, dan sebagainya.

Banyak perguruan tinggi di luar negeri yang menawarkan financial aid yang layak bagi mahasiswa untuk membantu biaya hidup. Selain itu, financial aid juga dapat membantu mahasiswa untuk lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus sekaligus menambah pengalaman kerja. Setiap perguruan tinggi memiliki prosedur yang berbeda dalam mengelola financial aid. Oleh karena itu, periksa secara teliti informasi tentang ini (terutama di bagian FAQ), bahkan jika perlu tanyakan, kepada panitia penerimaan tentang ketersediaan financial aid di perguruan tinggi tersebut.

3. Kerja Paruh Waktu

Ada banyak peluang kerja paruh waktu yang dapat menjadi alternatif saat melanjutkan kuliah ke luar negeri. Di dalam kampus biasanya terdapat lowongan menjadi asisten pengajar, petugas perpustakaan, asisten peneliti, atau magang sebagai administrasi. Kita juga bisa mencari berbagai alternatif pekerjaan di luar kampus seperti menjadi pelayan kafe, penjaga toko, penerjemah, pengasuh anak, dan berbagai peluang kerja lainnya. Meskipun demikian, kita tidak bisa sepenuhnya mengandalkan kerja paruh waktu sebagai sumber pendapatan utama ketika baru tiba. Namun pilihan ini dapat menjadi alternatif biaya hidup setelah menjalani perkuliahan.

4. Student Loan

Student loan merupakan pinjaman uang yang diberikan dalam jumlah tertentu selama berkuliah di kampus tersebut. Uang ini harus dikembalikan setelah lulus atau mendapatkan pekerjaan. Pinjaman umumnya memiliki bunga yang juga harus dilunasi beserta beberapa kondisi yang menyertainya. Beberapa mahasiswa umumnya berani mengambil pinjaman karena memperkirakan pendapatan mereka yang lebih baik setelah bekerja sehingga dapat menjamin pelunasan pinjaman.

5. Donatur

Meskipun sepertinya kurang populer, terdapat beberapa donatur yang bersedia mendanai perkuliahan mahasiswa ke luar negeri. Donatur tersebut dapat bersifat individu atau organisasi yang dikumpulkan lewat pengajuan proposal terkait riset atau rencana studi setelah lulus. Terdapat beberapa orang yang berhasil melanjutkan perkuliahan melalui pendanaan donatur. Anda dapat mempelajari dan bertanya bagaimana cara mereka memperoleh pendanaan studi dari donatur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s