Yale University Berupaya Menjadi Kampus bagi Pelajar Internasional

yale mahasiswa internasional

Yale berupaya mengajak pelajar internasional

Melanjutkan pendidikan ke universitas elit di Amerika Serikat tentu saja merupakan sesuatu yang banyak diidam-idamkan pelajar. Akan tetapi, ada banyak faktor yang terkadang mempersulit kita untuk dapat melanjutkan perkuliahan di perguruan tinggi Amerika Serikat. Salah satu faktor yang membuat kita sulit melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi Amerika Serikat adalah biaya, apalagi biaya kuliah di perguruan tinggi ternama. Hal ini kini menjadi perhatian Yale University. Salah satu perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat ini kini berinvestasi agar dapat memperkaya keberagaman ekonomi dari mahasiswa internasional yang berkuliah di dalamnya.

Banyak perguruan tinggi top di Amerika Serikat yang kini tengah berupaya memperbaiki reputasi mereka yang terkenal hanya menyediakan fasilitas pendidikan dari anak-anak kaum elit Amerika. Mereka kini berupaya membuka kesempatan yang sama bagi para mahasiswa internasional. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya mahasiswa sarjana dari berbagai negara yang datang ke perguruan tinggi seperti Yale, Harvard, dan lainnya. Yang menarik, kini perguruan tinggi tersebut berusaha mengajak mahasiswa dari berbagai latar belakang finansial yang berbeda untuk berkuliah disana.

Diantara berbagai negara, Cina mungkin merupakan negara yang paling menarik perhatian Amerika Serikat. Negara ini menjadi pemuncak klasemen mahasiswa pendatang di Amerika Serikat. Tahun lalu, hampir 275.000 mahasiswa datang dari Cina, atau setara dengan 31 persen dari total mahasiswa internasional. Beberapa berpendapat bahwa perkembangan ini sejalan dengan semakin bertumbuhnya ekonomi penduduk Cina. Semakin kesini, perguruan tinggi tersebut berusaha untuk mengejar pendapatan dari pelajar Cina yang bersedia membayar biaya pendidikan mereka secara penuh. Meskipun demikian, terdapat beberapa perguruan tinggi yang masih bersedia untuk menanggung seluruh kebutuhan finansial dari mahasiswa internasional. Perguruan tinggi seperti Yale meyakini bahwa kesempatan menjalani pendidikan di perguruan tinggi tersebut mestinya dapat dirasakan oleh seluruh penduduk Cina yang berjumlah 1,3 miliar jiwa tersebut.

Kepedulian Yale terhadap mahasiswa internasional sebenarnya telah dimulai sejak lama. Pada tahun 1854, Yale meluluskan penduduk Cina pertama yang meraih gelar dari perguruan tinggi di Amerika Serikat. Selain itu, panitia penerimaan secara rutin diutus oleh kampus untuk mempublikasikan kesempatan berkuliah di perguruan tinggi tersebut.

Membuka Kesempatan bagi Pelajar Internasional

Peter Salovey, Presiden dari Yale University, menyatakan bahwa Yale merupakan masyarakat yang beragam. Pendidikan di dalam kampus selalu berupaya untuk mengejar proses menciptakan, menyebarkan, dan melesatarikan wawasan. Perguruan tinggi ini berupaya untuk mencapai kemajuan sebisa mungkin dan berkomitmen untuk menciptakan pendidikan dengan standar yang tinggi. Sebagai Presiden, Salovey berharap Yale dapat menjadi kampus yang dapat diakses oleh siapapun, inovatif, dan menyatu di dalam keberagaman yang terdapat di lingkungan kampus.

Yale telah menerapkan kebijakan penerimaan bagi pelajar internasional sejak 2001. Banyak pelajar internasional, terutama dari Cina, jenjang sarjana yang menerima bantuan finansial dari Yale. Mahasiswa ini mendapatkan fasilitas secara gratis untuk biaya kuliah dan penginapan yang mencapai $60.000 per tahun. Tidak hanya Yale, perguruan tinggi lain seperti Harvard, MIT, Princeton, dan Dartmouth juga menerapkan kebijakan serupa. Hal tersebut diharapkan dapat mencegah kekhawatiran finansial dari berbagai pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Amerika Serikat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s