Berkuliah di Jepang Melalui Program E-Track Tokyo International University

tiu e-track program

TIU e-track program

Ada banyak jalan untuk berkuliah ke Jepang. Apalagi kini ada program “E-Track” dari Tokyo International University (TIU) di Tokyo, Jepang. Program ini memberikan banyak insentif bagi mahasiswa. Misalnya seperti beasiswa pengurangan biaya mata kuliah dari 30 sampai 100 persen. Anda bisa mengajukan beasiswa ketika menjalani ujian masuk dan hasilnya akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman kelulusan.

Keberadaan program E-Track ini diharapkan dapat membuka ruang bagi pelajar internasional, termasuk Indonesia. Jepang terkenal dengan konsep pendidikannya yang berkarakter. Saat ini, negara tersebut berupaya mendorong dan membebaskan mahasiswa internasional untuk menuntut ilmu di negara tersebut dan menjadi bagian dari masyarakat global melalui Jepang. Profesor bidang politik internasional Tokyo International University (TIU), Akitoshi Miyashita, menjelaskan bahwa berbagai perguruan tinggi di Jepang kini berupaya membuka diri terhadap dunia luar. Ia memandang ASEAN sebagai wilayah yang berpotensi untuk menarik banyak pelajar ke kampus tersebut.

TIU, penyelenggara dari program E-Track, telah berdiri sejak 1965. Kini, perguruan tinggi ini memiliki lebih dari 6.000 mahasiswa dimana 700 diantaranya merupakan mahasiswa asing yang berasal lebih dari 30 negara. Program E-Track yang mereka tawarkan diharapkan dapat menumbuhkan latar belakang pendidikan luas bagi mahasiswa, terutama di bidang Ekonomi Bisnis dan Hubungan Internasional. Yang menarik, program E-Track yang ditawarkan TIU berlangsung dengan ukuran kelas yang relatif kecil sehingga mampu menciptakan ikatan yang lebih kuat antara mahasiswa dan staf pengajar, begitu setidaknya menurut Miyashita.

Menyelenggarakan Pendidikan Berbahasa Inggris dan Mengenal Jepang

Program E-Track merupakan “English Track” yang diawali pada April 2014 dengan dua jurusan: Bisnis Ekonomi dan Hubungan Internasional. Program ini tersedia bagi pelajar yang ingin melanjutkan ke jenjang sarjana dengan menempuh pendidikan selama 4 tahun di TIU. Setiap mata kuliah yang pada program ini tersedia dalam format bahasa Inggris. Menariknya, setiap mahasiswa diharapkan dapat mempelajari berbagai hal menarik tentang Jepang seperti bahasa Jepang, sejarah Jepang, dan budaya Jepang.

Untuk mencapai harapan ini, setiap mahasiswa diharapkan menguasai bahasa Jepang agar dapat merasa nyaman tinggal di Jepang. Pihak TIU sendiri berinisiatif untuk menyediakan kurikulum khusus belajar bahasa Jepang. Ke depannya, keahlian berbahasa Jepang ini diharapkan dapat bermanfaat saat lulusan TIU bekerja di perusahaan Jepang atau instansi global lainnya.

Menurut Miyashita, wilayah Asia Tenggara memiliki potensi untuk menjadi bagian utama dalam peradaban internasional. Berbagai universitas di Jepang telah menyadari potensi tersebut dan membidik para pelajar dari Asia Tenggara untuk berkuliah disana. Seperti di Indonesia, sistem akademik di program E-Track menggunakan sistem semester dengan total lima belas minggu. Mahasiswa juga bisa memanfaatkan kesempatan untuk mengejar gelar S-1 dan S-2 sekaligus dalam 5 tahun. Selain itu, TIU juga memberikan beasiswa bagi para peserta program E-Track dengan pengurangan biaya mata kuliah sebesar 30 hingga 100 persen.

Pendaftaran program E-Track untuk musim 2015 akan dibuka pada 6 Februari 2015 dan ditutup pada 20 Februari 2015. Anda dapat mempelajari detail pendaftaran program E-Track lewat website resmi pendaftaran TIU, membaca panduan pendaftaran TIU 2015, atau mempelajari brosur penerimaan program E-Track. Anda juga dapat mempelajari proses pendaftaran beasiswa agar dapat berkuliah di TIU program E-Track. Penerimaan mahasiswa berlangsung dua kali dalam setahun yaitu pada April atau September. Terdapat beberapa pertimbangan dalam menilai dokumen aplikasi pelamar seperti transkrip nilai SMA, statement of purpose, surat rekomendasi, dan nilai hasil tes kecakapan berbahasa Inggris (TOEFL, IELTS, dll).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s