Pertumbuhan Selandia Baru Sebagai Tujuan Studi Pelajar Internasional

selandia baru

Berkembangnya Selandia Baru sebagai salah satu negara tujuan melanjutkan pendidikan

Selandia Baru kini semakin populer sebagai negara tujuan pelajar internasional untuk melanjutkan pendidikan. Sepanjang Januari hingga Agustus 2014, terdapat lebih dari 10.100 pelajar internasional yang menuntut ilmu di negara tersebut. Industri pendidikan internasional di negara tersebut kini telah bernilai US$ 2,12 miliar, naik 12 persen dari tahun sebelumnya berdasarkan data yang terbit di Education New Zealand.

Para lulusan internasional ini juga turut berkontribusi pada penciptaan lebih dari 2.060 lapangan kerja di Selandia Baru sepanjang 2 tahun terakhir. Pertumbuhan ini diperkirakan akan berlanjut di tahun 2015. Apalagi melihat jumlah VISA pelajar internasional yang terbit hingga November 2014 telah bertumbuh 19 persen. Diantara negara asal pelajar internasional yang melanjutkan studi ke Selandia Baru, India merupakan negara dengan pertumbuhan yang paling cepat dimana jumlah pelajar India negara tersebut tumbuh 60 persen dibanding tahun 2013.

Pemerintah Selandia Baru sendiri berupaya menambah akses bagi pelajar internasional. Mereka menerbitkan hak kerja unlimited bagi pelajar level PhD dan Master yang dianggap menjadi penyebab meningkatnya jumlah penerimaan mahasiswa pasca sarjana. Pada trimester kedua 2014, terjadi peningkatan 11 persen pelamar internasional yang terdiri dari 18% peningkatan bagi pelamar gelar Master, dan 9 persen pelamar gelar Doktor. Secara keseluruhan, terdapat peningkatan mencapai 41 persen jumlah mahasiswa yang belajar untuk jenjang pasca sarjana.

Memperbaiki Pendidikan Pasca Krisis

Menurut Goulter dari Education New Zealand, situasi pendidikan di Selandia Baru selama beberapa tahun terakhir banyak terpengaruh oleh gempa bumi di Christchurch dan krisis finansial global. Apa yang dicapai dunia pendidikan di Selandia Baru pada 2014 merupakan indikasi bahwa mereka telah kembali pada level yang tepat sekaligus menjadi tanda bahwa mereka telah bekerja keras agar dunia pendidikan terus berkembang.

Upaya ini tercermin dari meningkatnya jumlah pelajar internasional dari berbagai negara. Tiga negara mengalami peningkatan tertinggi dalam jumlah pelajar adalah India (60 persen), Indonesia (22 persen), dan Cina (12 persen). Canterbury dan Auckland menjadi dua wilayah yang mengalami pertumbuhan pesat sebagai tempat tujuan studi dimana Canterbury mengalami pertumbuhan 17 persen dan Auckland 15 persen. Auckland sendiri bisa dibilang menjadi kota tujuan belajar para pelajar internasional dimana hampir 61 persen pelajar internasional bermukim di kota tersebut.

Bangkitnya dunia pendidikan di Selandia Baru ini memberikan lebih banyak peluang ekonomi bagi wilayah sekitar. Menurut Zoulter, pendidikan kini bisa dibilang menjadi industri utama dalam hal menciptakan pekerjaan dengan peningkatan mencapai lebih dari 7 persen per tahun. Tak perlu diragukan lagi bahwa pelajar internasional berhasil membawa nilai tambah yang mendorong perekonomian di negara tersebut.

Pertumbuhan perekonomian lokal di Selandia Baru melalui partisipasi aktif para pelajar internasional dirasakan di banyak wilayah di Selandia Baru. Wellington misalnya, memperoleh hampir $177 juta melalui pendidikan internasional, atau sekitar $40.000 per pelajar yang berasal dari biaya kuliah, akomodasi, dan kebutuhan hidup lainnya. Pelajar internasional sendiri mulai memainkan peran bagi perekonomian setempat. Pemerintah setempat memberi fasilitas bagi pelaku ekonomi untuk membuka usaha baru yang menunjang para pelajar di kota tersebut.

Perkembangan dunia pendidikan di Selandia Baru ini dapat menjadi referensi bagi pelajar Indonesia untuk memilih Selandia Baru sebagai tujuan pendidikan berikutnya. Kualitas pendidikan yang relatif lebih baik dari Indonesia, lingkungan interaksi yang relatif heterogen dari berbagai negara, dan tersedianya berbagai beasiswa untuk mendukung pembiayaan merupakan berbagai keunggulan dari pendidikan Selandia Baru yang dapat menjadi pertimbangan anda untuk melanjutkan pendidikan di negara tersebut. Tertarik? Jika melihat perhatian dari pemerintah setempat dalam mengembangkan kualitas pendidikan, rasanya layak untuk berharap bahwa Selandia Baru akan menarik semakin banyak pelajar internasional untuk menuntut ilmu yang pada akhirnya memajukan penelitian di negara tersebut. Bisa jadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s