Beasiswa StuNed Scholarship Programme 2015

Beasiswa StuNed Belanda

Belanda merupakan negara yang tepat untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Fasilitas yang lebih baik, peluang riset yang lebih mengglobal, dan staf pengajar dengan reputasi ternama membuat Belanda menjadi negara idaman untuk berkuliah bagi mahasiswa Indonesia. Untuk belajar di Belanda, kita membutuhkan banyak biaya seperti biaya kuliah, biaya hidup, biaya akomodasi, dan biaya lainnya yang mungkin tidak terduga. Kebutuhan biaya tersebut dapat dicapai melalui beasiswa StuNed atau Studeren in Nederland yang ditujukan bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke Belanda.

Beasiswa ini ditawarkan oleh pemerintah Belanda khusus bagi warga negara Indonesia. Untuk memperoleh beasiswa StuNed, pelamar harus memiliki pengalaman kerja setidaknya selama dua tahun. Berbeda dengan periode sebelumnya, seleksi beasiswa tahun ini berlangsung secara kompetitif dan pemberi beasiswa berharap mampu menjaring para pelamar berkualitas dari Indonesia.

Terdapat lima area studi yang menjadi prioritas pemberi beasiswa terkait dengan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Belanda. Kelima bidang tersebut meliputi keamanan dan penegakan hukum, air, agro pangan dan holtikultura, transportasi dan logistik, serta medis. StuNed juga mengharapkan agar para pelamar telah memperoleh Letter of Acceptance atau surat tanda diterima terlebih dahulu dari universitas di Belanda. Dengan begitu, beasiswa dapat segera diberikan kepada pelamar yang pasti akan berkuliah di Belanda.

Setiap tahunnya, StuNed menawarkan antara 200 sampai 250 beasiswa penuh bagi pelajar Indonesia yang berniat untuk terlibat melakukan pembangunan di Indonesia. Para penerima beasiswa diharapkan dapat membantu pembangunan di Indonesia dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui institusi yang terdapat di Indonesia. Beasiswa diberikan kepada mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang master, short course, dan tailor made training.

Syarat dan Kualifikasi Penerima Beasiswa StuNed 2015

Selain para pelamar yang melanjutkan studi ke bidang prioritas kerjasama Indonesia dan Belanda, beasiswa StuNed 2015 juga dialokasikan bagi pelamar yang berpotensi menjadi pemimpin di masa depan. Pelamar diharapkan memiliki prestasi akademis dan non-akademis plus kualitas kepemimpinan serta dibuktikan lewat prestasi di ajang nasional ataupun internasional. Pelamar juga diharapkan mampu menjelaskan dengan baik dan meyakinkan terkait motivasi mengapa melanjutkan pendidikan ke Belanda yang dituangkan dalam motivation statement. Jenjang pendidikan yang akan didanai oleh StuNed adalah jenjang pendidikan master (S-2) dan short course. Pelamar dapat mengajukan aplikasi paling lambat sampai 15 Maret 2015 untuk program master (S-2) dan 1 Maret 2015 untuk program short course.

Persyaratan umum bagi penerima beasiswa StuNed adalah sebagai berikut:

  • Warga negara Indonesia
  • Memperoleh letter of acceptance dari salah satu institusi pendidikan tinggi di Belanda.
  • Minimal IPK S1 3,00 untuk pendidikan master dan 2,75 untuk short course.
  • Memiliki nilai IELTS minimum 6,0 atau TOEFL iBT minimum 80 untuk pendidikan master.
  • Memiliki nilai IELTS minimum 5,5 atau TOEFL iBT minimum 68 untuk short course.
  • Pengalaman kerja minimum dua tahun sebelum batas akhir pendaftaran, atau fresh graduate dengan prestasi mengesankan secara akademis dan non-akademis.

Fasilitas yang diberikan bagi penerima beasiswa StuNed meliputi:

  • Uang kuliah.
  • Biaya hidup bulanan.
  • Biaya penelitian.
  • Biaya asuransi perjalanan, kesehatan, dan third-party liability.
  • Biaya buku kuliah.
  • Biaya pengurusan visa.

Informasi lebih lanjut tentang beasiswa StuNed dapat diakses di halaman website StuNed.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s