Kontribusi Sulawesi Selatan Menyediakan Beasiswa S-2 dan S-3

Sulawesi Selatan berusaha mempercepat pembangunan wilayah tersebut dengan rutin memberi beasiswa S-2 dan S-3. Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengajak para penerima beasiswa dari pemerintah provinsi (Pemprov) Sulsel agar ke depannya dapat bersama-sama turut serta meningkatkan pembangunan di Sulawesi Selatan. Sayangnya, masih banyak pihak yang mempertanyakan kebijakan pemberian beasiswa ini karena dianggap hanya membuang uang saja. Apalagi beberapa diantara penerima merupakan pelajar yang melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Pada tahun 2012, Pemprov Sulsel telah menyiapkan beasiswa program doktoral di berbagai perguruan tinggi luar negeri sebanyak 100 beasiswa. Program ini merupakan kelanjutan dari program beasiswa yang telah berlangsung sejak 2009 dimana terdapat 308 mahasiswa S3 yang terdaftar mengikuti beasiswa tersebut di tahun 2012. Mayoritas dari penerima beasiswa melanjutkan pendidikan ke Malaysia, sementara beberapa lainnya di Australia, Jepang, Selandia Baru, dan Belanda.

Menurut Gubernur Sulsel, beasiswa ini merupakan upaya yang penting karena sumber daya manusia (SDM) yang cerdas merupakan andalan daerah untuk menjawab tantangan pembangunan di masa mendatang. Pemerintah akan terus memantau keberadaan para penerima beasiswa, mencari tahu apa yang telah mereka lakukan, dan mengidentifikasi kontribusi apa yang dapat diberikan oleh para penerima beasiswa berdasarkan ilmu dan kepakaran mereka.

Sejauh ini, program beasiswa ini telah meluluskan 151 doktor. Setiap lulusan diharapkan dapat menjadi pionir dalam pembangunan nasional, terutama di wilayah Sulawesi Selatan. Sebagai syarat penyelesaian studi, para mahasiswa diwajibkan mempublikasikan dua jurnal penelitian internasional. Syarat ini dianggap menjadi kendala bagi mahasiswa dalam menyelesaikan studi.

Untuk mensukseskan program pemberian beasiswa, Pemprov Sulsel mengalokasikan anggaran mencapai lebih dari 100 miliar rupiah bagi berbagai pelajar yang ingin melanjutkan studi S3 ke luar negeri. Anggaran ini diperkirakan akan terus bertambah, apalagi seiring dengan kontribusi yang signifikan yang dirasakan sebagai efek dari pemberian beasiswa. Pada 2011 saja, anggaran beasiswa telah mencapai 38 miliar rupiah, naik hampir 8 kali lipat dibanding tahun 2009 sebesar 4,9 miliar rupiah. Selain beasiswa doktoral, pemprov Sulsel juga membuat program beasiswa bagi 1.000 mahasiswa S1 dalam negeri dan 100 beasiswa S2 dan S3 di luar negeri. Semoga program beasiswa ini dapat menjadi manfaat bagi anda penduduk Sulawesi Selatan sebagai salah satu alternatif melanjutkan pendidikan dan berkontribusi membangun pendidikan di wilayah anda. Selamat mencoba.

Sumber: Kompas

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s