Buku Penting untuk Persiapan Tes TOEFL iBT

buku penting persiapan toefl

Mempersiapkan Tes TOEFL

Beberapa buku penting untuk persiapan tes TOEFL iBT dapat berguna membantu meningkatkan performa tes. Ada begitu banyak penerbit yang menyediakan berbagai bentuk latihan tes TOEFL yang berguna bagi peserta tes, baik yang bersifat general maupun yang bersifat spesifik. Kita dapat menemui jenis buku ini di toko buku, download di internet, atau melakukan pembelian melalui gadget. Lalu, buku apa saja yang dibutuhkan sebelum persiapan tes TOEFL? Berikut buku yang direkomendasikan untuk para peserta tes TOEFL iBT dalam mempersiapkan diri mengikuti tes TOEFL iBT.

Buku Panduan Dasar Persiapan TOEFL iBT

The Official Guide to the TOEFL® Test terbitan ETS merupakan panduan yang disediakan oleh ETS bagi para peserta tes. Tersedia dalam format eBook dan cetak serta menjadi buku acuan resmi untuk mempersiapkan diri mengikuti tes TOEFL. Buku ini cocok bagi peserta yang membutuhkan gambaran keseluruhan dari tes. Terdapat CD di dalamnya yang berisikan materi simulasi tes TOEFL iBT yang disajikan dalam bentuk software. Secara umum, buku ini tidak mengalami banyak perubahan dari edisi ke edisi sehingga peserta dapat menggunakan edisi sebelumnya.

Selain persiapan dari ETS, peserta juga dapat menggunakan buku dari Kaplan TOEFL iBT Premier yang membahas secara menyeluruh seluruh bagian utama dari tes. Beberapa menganggap buku ini bahkan lebih baik dibanding buku resmi yang disediakan ETS. Selain dalam versi cetak, buku ini juga tersedia dalam versi digital.

Buku Persiapan Lanjut untuk TOEFL iBT

Jika anda ingin melakukan persiapan lebih jauh dalam menghadapi tes TOEFL, buku panduan dasar saja sepertinya tidak cukup. Anda membutuhkan buku yang menyediakan materi berlatih lanjutan dengan fokus yang lebih mendalam. Beberapa penyedia buku persiapan TOEFL iBT menyadari hal ini dan mereka menerbitkan buku materi tambahan yang membantu peserta tes untuk semakin mengasah kemampuan mereka.

Salah satu buku yang membahas lebih lanjut tentang persiapan tes TOEFL iBT adalah Delta’s Key to the TOEFL iBT. Buku ini berisikan informasi secara detail tentang materi berlatih dan tips belajar. Jika anda ingin semakin mempertajam kemampuan agar dapat lebih tenang menghadapi tes TOEFL, buku ini sangat sesuai bagi anda. Buku ini juga berguna jika anda ingin memperbaiki kemampuan di area spesifik dari tes TOEFL. Jika buku Delta’s Key to the TOEFL iBT masih bukuran, buku lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk persiapan tes TOEFL iBT adalah Cracking the TOEFL iBT (2014) dari Princeton Review. Buku ini cocok bagi peserta tes yang telah menguasai dasar kemampuan berbahasa Inggris dan ingin mempertajam keterampilan pada tes TOEFL.

Buku Materi Berlatih TOEFL iBT

Berlatih adalah kunci dari kesempurnaan. Jika anda mengincar hasil sempurna dari tes TOEFL iBT, anda sepertinya butuh materi persiapan yang mencakup berbagai bentuk soal yang akan dihadapi pada tes TOEFL iBT. Untuk hal ini, saya menyarankan agar menggunakan Official TOEFL iBT® Tests with Audio. Buku ini terdiri dari lima soal terdahulu dari TOEFL IBT diikuti soal audio yang terdapat di dalam CD. Selain materi dari ETS, pilihan buku lainnya yang saya rekomendasikan adalah Barron’s TOEFL Book and CD yang berisi 8 set latihan soal. Anda juga dapat melengkapi buku latihan dengan Delta’s Key to the TOEFL iBT: Seven Practice Test yang merupakan berisi soal latihan tes TOEFL iBT.

Buku Persiapan untuk Area Tertentu (Grammar dan Vocabulary)

Grammar merupakan bagian penting dalam bahasa Inggris. Pada tes TOEFL iBT, grammar akan banyak digunakan pada bagian speaking dan writing. Jika anda paham bahasa Inggris namun bukan pengguna grammar yang efektif, anda harus kembali mengasah kembali kemampuan grammar anda. Untuk masalah ini, anda dapat menggunakan buku TOEFL Grammar Guide: 23 Grammar Rules You Must Know To Guarantee Your Success On The TOEFL Exam sebagai panduan belajar. Buku ini berisi berbagai aturan grammar yang sepertinya banyak digunakan pada tes TOEFL iBT. Agar melengkapi persiapan anda dalam mempelajari grammar, buku lainnya yang dapat berguna adalah Collins Vocabulary and Grammar for the TOEFL Test. Buku ini berisikan berbagai latihan soal yang berguna untuk memahami grammar lebih mendalam.

Selain grammar, bagian penting lainnya yang harus dipersiapkan sebelum menghadapi tes TOEFL iBT adalah vocabulary. Untuk bagian ini, ada banyak buku yang tersedia yang membantu para peserta tes. Misalnya seperti 400 Must-Have Words for the TOEFL yang berisikan berbagai kata spesifik untuk membantu peserta tes dalam menghadapi bagian listening dan reading. Princeton Review juga menerbitkan The Essential TOEFL Vocabulary flashcard kit yang berguna untuk melatih vocabulary dalam tes TOEFL iBT.

Menggunakan Buku Persiapan Secara Efektif

Bukan hal yang mudah untuk mempelajari seluruh materi pada buku persiapan tersebut, ditambah lagi fakta bahwa harga buku-buku persiapan ini tidak murah. Anda harus mengalokasikan waktu dan uang untuk memanfaatkannya secara efektif. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah uang. Cara yang legal bisa dengan mengunjungi perpustakaan kampus dan mencari buku persiapan tes TOEFL iBT. Cara yang ilegal bisa dengan membeli dvd persiapan tes TOEFL iBT atau mencari tempat download dari buku-buku ini di internet.

Meskipun demikian, cara untuk mengatasi masalah waktu adalah dengan menyediakan waktu yang lebih banyak atau memfokuskan persiapan pada jenis buku tertentu. Untuk itu, saya menyarankan agar peserta lebih berfokus pada persiapan tes secara keseluruhan dibanding melahap seluruh jenis persiapan TOEFL iBT. Tentu saja akan sangat baik jika kita melakukan persiapan hingga ke aspek seperti grammar, vocabulary, atau jika perlu ke pronunciation. Akan tetapi, jika waktu sudah mepet, lebih baik fokuskan diri untuk mempersiapkan TOEFL iBT dengan berlatih berbagai bentuk soal sekaligus melakukan simulasi. Persiapan tersebut membuat kita lebih siap ketika tes dan meminimalisir resiko nilai rendah karena kurang persiapan.

Hal lain yang juga harus dipertimbangkan oleh para peserta tes adalah mengatasi masalah non-teknis. Ada beberapa tips yang menyarankan agar peserta datang lebih awal, menghindari minum kopi, atau tidak tidur larut. Menurut saya, saran ini tidak selalu benar, meskipun memang tidak ada salahnya mengikuti saran tersebut. Persiapan teknis tetap merupakan prioritas anda. Berikutnya, berusahalah dengan kemampuan terbaik anda terlepas dari apapun masalah non-teknis yang anda hadapi. Selamat mengikuti tes TOEFL iBT.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s