Beasiswa Korean Goverment Scholarship Programs 2015

Korea merupakan negara yang mengalami pertumbuhan pesat selama beberapa tahun belakangan, termasuk di bidang pendidikan. Jika anda berniat untuk melanjutkan kuliah ke negara ini, pemerintah korea menyediakan beasiswa Korean Government Scholarship Programs (KGSP) 2015. Program ini menyediakan beasiswa bagi 820 mahasiswa internasional dari 162 negara yang berniat melanjutkan pendidikan MA atau PHD di Korea. Selain itu, tersedia juga lowongan 20 peneliti bagi 26 negara.

Kawasan Asia Pasifik, Afrika, dan Eropa menjadi target utama beasiswa KGSP 2015. Seleksi di kedutaan besar Korea Selatan merupakan syarat awal bagi pelamar beasiswa. Selain itu, beasiswa juga dapat diperoleh dengan mengajukan diri di perguruan tinggi tujuan di Korea Selatan. Untuk wilayah Indonesia, terdapat kuota sebanyak 20 penerima dimana 10 penerima berasal dari peserta seleksi Kedutaan Besar di Jakarta dan 10 penerima lainnya berasal dari seleksi di universitas tujuan masing-masing.

Ketentuan Beasiswa KGSP 2015

Penerima beasiswa akan memperoleh tanggungan biaya kuliah selama dua tahun untuk program S2 dan tiga tahun untuk program S3. Selain itu, penerima juga akan menerima paket kursus bahasa Korea selama satu tahun. Beasiswa KGSP juga menyediakan fasilitas lainnya seperti tanggungan tiket pesawat pergi dan pulang, biaya hidup bulanan sebesar 900.000 KRW atau US$ 825, tanggungan tempat tinggal, biaya kembali ke negara asal setelah menyelesaikan studi, asuransi kesehatan, tunjangan riset, dan biaya kebutuhan tesis/disertasi untuk kelulusan perkuliahan.

Setiap negara memiliki deadline pengajuan yang berbeda. Untuk Indonesia, deadline pengajuan adalah 06 Maret 2015. Pelamar harus mengisi formulir aplikasi yang terdapat di bagian Guidelines beasiswa. Anda dapat mendownload Guidelines di halaman resmi beasiswa KGSP dan mengirimkannya ke institusi terkait.

Untuk mengajukan beasiswa KGSP 2015, kandidat harus berusia dibawah 40 tahun tertanggal 1 September 2015. IPK pelamar juga mesti berada pada minimal 2,64 (untuk skala 4 yang banyak berlaku di Indonesia). Untuk keterangan lebih lanjut, peserta mesti mempelajari panduan lengkap tentang pendaftaran, informasi perguruan tinggi, aturan perkuliahan, dan FAQ. Anda dapat mengecek di halaman informasi beasiswa KGSP 2015 atau halaman resmi kedutaan besar Korea di Jakarta, idn.mofa.go.kr. Semoga berhasil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s